Thursday, March 10, 2011

Tembang Jiran

      ST 12, Kangen Band, d'Bagindas dan kawan-kawan adalah para punggawa kerajaan musik yang berkuasa di indonesia saat ini, dengan tembang-tembang jiran yang mereka lantunkan ditambah sedikit polesan cengkok khas dangdut membuat mereka menjadi idol buat anak-anak 4L4y (anak melayu :red) atau lebih banyak orang menyebut trend musik indonesia saat ini adalah Metal (Melayu Total).
       Banyak pengamat musik menyebut ini adalah suatu kemunduran dari musik indonesia, anda setuju?? saya tidak, kenapa?! karna musik tak pernah ada batasan maksimum atau minimum, jadi jangan pernah mengkotakan musik menjadi berbobot berat, kelas ringan, atau kelas bulu, karna musik bukan tinju. Musik adalah alunan nada yang tak hanya terdengar atau terlihat tapi terasa dan mengena ke dalam hati (Mat Soleh, 1926),
       Setiap periode musik selalu memunculkan suatu ritme dan pesan yang berbeda, coba lihat periode 60 an, jamannya The Beatles, Elvis Presley, Jimmy Hendrik, Frank Sinatra atau dari lokal kaya Ellia Kadam, Titik Puspa, Gesang sampai Koes Plus sang legenda mereka menghadirkan pop-pop ringan dan beda dengan tahun 70 dan 80 an,, seperti Metallica, Guns n Roses, Van Hallen, The Doors dan di Indonesia ada Godbless, The Rollies, AKA, dan lain2 mereka menghadirkan musik-musik keras dan lirik penuh pesan pemberontak, 90an masih di dominasi oleh musik2 dengan skill tinggi dan suara tinggi sampai dengan di"hancurkannya" era itu oleh lagu-lagu Grunge ala Nirvana, Pearl jam dan Base jam, lho?. tapi masih ada Dewa 19, Slank, Sket, Voodoo dan kawan2 yang masih setia dengan lengkingan-lengkingan suaranya.
      Mungkin Era milenium ini era dimana lagu-lagu easy listening bernada melayumerajai chart-chart musik tipi dan radio,, biarlah. Untuk menuhin atas perut, perut, dan bawah perut hinaan dan cemooh dari mereka "pembenci" musik melayu cengeng tak digubris sedikitpun. Bicara idealis, dari 100% yang punya idealisme bermusik yang mampu bertahan berapa persen sih? terutama jika sudah masuk ke industri musik, yang orientasinya hanya uang. Tentu akan berbeda jika kita bicara musik indi, mau lagunya jelek dan tidak menarik siapa yang perduli atau mempermasalahkan,, seperti lagu lagu milik imam besar H. Pidi Baiq bersama The PanasDalam Band nya yang tidak bagus dan sangat tidak menarik itu, siapa yang mau mendengarkan coba. SAYA dan Kawan2 lah yang mendengarkan.hahahaha
     Ayo kita dukung musik melayu, rock, metal, jazz, dangdut, keroncong, pop dan semua jenis musik didunia. Hidup Bermusik,, Hidup Aristotles,, Hidup Cenat Cenut..

2 comments:

  1. jazz in my mind!!
    but..
    dangdut is my style..
    hahahaa :D

    ReplyDelete
  2. apapun musiknya kita tetep indonesia !!
    ALLAHUAKBAR

    ReplyDelete