Tuesday, February 8, 2011

"SERAGAM POLISI JIWA MUSISI"

Yups,, mungkin kalimat ini yang paling tepat menggambarkan diri saya saat ini. Selalu bermimpi jadi musisi besar negeri ini tapi malah terjebak dibalik seragam polisi,, waw mungkin terlalu hebat jika hanya kata polisi tanpa embel-embel dibelakangnya ya..ya..ya.. Bukan polisi lalu lintas ato buru sergap yang gagah dan digilai wanita (khususnya polisi muda dan ganteng) tapi Polisi Kehutanan aka Polhut.
Entah pernah mimpi apa bisa jadi seseorang dengan label melekat sampai tua bahkan sampai mati nanti, mungkin dulu saat Praktek Kerja Lapang saya kebetulan praktek bergaul dengan para Polhut disalah satu kawasan Departemen Kehutanan (sekarang Kementrian Kehutanan), Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu dibawah naungan salah satu UPT (unit pelaksana teknis) Kemenhut yakni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, sama persis dengan UPT dimana saya bernaung saat ini.
2009 bisa dianggap sebagai tahun keberuntungan saya, karna ditahun ini saya dterima di Kementrian Kehutanan, waaaaawwwww amazing,, dari 21.000 orang yang ikut tes, hanya 1000 orang yang diterima dan saya salah satunya, amazing bukan. Atau mungkin ini tahun dimana saya sial seumur hidup karna harus terjebak dan mengabdi pada negara ini sampai umur saya 56 tahun..

Bulan agustus 2009 itu saya mulai menganggur setelah didepak dari Tangkuban Perahu yang dikelola swasta saat itu dan meminta saya jadi staff ahli ekowisata, tp karna masalah politik dan birokrasi saya jadi salah satu korbannya. Mencoba ikut tes di Departemen Kehutanan dengan niat iseng dan coba-coba, padahal bulan Oktober saya dapat kepastian akan merantau ke "Negeri Sakura" Jepang pada awal tahun dengan bantuan tante saya diDepSos, sudah dngan gagah mencari tmpat kursus bahasa jepang (sertifikat dasar bahasa) dan akan mulai kursus pada hari itu pula berita mengejutkan datang dari "wa goggle" yuppssss exactly.. I'm on!! Nama saya terpampang di laman pengumuman Departemen Kehutanan sebagai salah satu peserta yang lolos,, sdikit bingung saat membacanya karna 2 kali saya baca nama saya tidak ada tp kawan2 sudah mengucap selamat?? Lho ternyata nama saya tidak didaftar yang sesuai saya pilih formasinya tp bercokol di formasi POLHUT BKSDA JAMBI. Kaget, bingung, senang, kecewa, campur aduk rasanya hari itu,,

After that one I going home and try to making surprise to my parent, I tell them that I can't go to japan, they asking me "why?" What's the problem. After make them confused I tell them that I'm pass on work for ministry of forestry,, I was thinking what reaction of them. They screaming and hug me so hard, cuz' they are so happy and proud of me,, haha I'm impress my self, that so poor.

lho dari tdi apa hubungannya dengan musisi?? Biarpun sekarang sudah pakai seragam dengan tanda pangkat yang entah siapa yang mengakui dan senjata jenis PM 1 yang lebih mirip obat nyamuk semprot (tetap mematikan yg pasti) saya tetap pada cara pandang saya sejak dulu bahwa musik adalah ketenangan dan harapan buat saya, jadi setelah 7 bulan bekerja sebagai polhut yang harusnya menjaga hutan mungkin 50% waktu saya tetap habiskan dengan bermain musik. Jiwa tetap tidak berubah biarpun "Seragam Polisi tapi Jiwa tetap Musisi"




Musik adalah alunan suara dan nada yang tak hanya terdengar tapi juga berbicara dengan caranya. (utama,ronanda.2011)

5 comments:

  1. polisi yang gemar manggung? why not???
    hhee...
    apapun profesinya kan tetep aja profesi itu memiliki sisi lain..
    dan musik lah sisi lain dari seorang polhut bernama ronanda...
    sukses kawan :)

    ReplyDelete
  2. dearesty herdilawati, A. MdMarch 18, 2011 at 10:31 AM

    foto lu qo aga gantengan seh ndaaa pas pake seragam polhut???gw jd pengen deh pake seragam kementrian kehutanan...tp knp malah seragam hansip,,pdh n korpi pemerintahan kota tangerang selatan

    ReplyDelete
  3. sama bos gw polhut perhutani juga tapi guwa juga jadi guru sekolah

    ReplyDelete
  4. mas klo mata minus boleh daftar polhut gak? sy lihat di cpns 2013 ada lwongan polhut unuk s1 perikanan di BTN taka bonerate, tp tdk ada ketentuan mata tdk boleh minus, hanay ada ketentuan tinggi min 165.. thanks mas

    ReplyDelete
  5. Wah keren mas.. mantap jadi polisi yang mengayomi hehe.. lebih cool lagi kalau pakai jaket kulit polisi ^^

    ReplyDelete